Kamis, 12 April 2012

contoh laporan prakerin


LAPORAN KEGIATAN PRAKTEK KERJA
INDUSTRI (PRAKERIN)

KANTOR PUSAT UNIVERSITAS JEMBER
27 Desember 2011 s/d 26 APRIL 2012


 






Di susun oleh :
DINA INTAN PRATIWI
NIS : 7721/385.071


KOMPETENSI KEAHLIAN :
TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN


PERKUMPULAN PEMBINA LEMBAGA PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH PGRI
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
SMK PGRI 3 TANGGUL
BIDANG STUDY KEAHLIAN:
TEKNOLOGI DAN REKAYASA, TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI
STATUS: TERAKREDITASI “A”
Jl. Semboro 79 Telp. (0336) 442646 Tanggul-Jember E-mail : smkpgri3tgl@yahoo.com




LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN PRAKTEK KERJA INDUSTRI
DI UNIVERSITAS JEMBER
Waktu Pelaksanaan
27 DESEMBER 2011 s/d 26 APRIL 2012


Disusun Oleh :
                                    Nama              : DINA INTAN PRATIWI
                                    NIS                 : 7721/385.071
                                    Kelas              : XI TKJ 1






Laporan ini telah diperiksa dan disahkan oleh :




                    Ketua                                                           Guru Pembimbing


 ....................................                                       ......................................
         NIP.                                                                    NIP.







Jember, 26 APRIL 2012
Mengetahui,
a.n Kepala SMK PGRI 3 TANGGUL
Waka Humas SMK PGRI 3 TANGGUL





JOJON SURJONO, S.Pd, M.Pd
NIP. 19670731 199403 1 006


 

MOTTO




“ Kegagalan Kunci Menuju Kesuksesan”

“ Janganlah Menyerah Sebelum Engkau Berusaha”

“ Jangan Tunda Sampai Besok Selagi Engkau Masih Mampu Mengerjakannya ”

“Carilah Peluang Usaha Untuk Memperoleh Kesuksesan”

“Biasakan Hidup Jujur Karena Jujur Merupakan Hal Awal untuk Dipercaya Orang”

“Tanah yang digadaikan bisa kembali dalam keadaan lebih berharga, tetapi kejujuran yang pernah kita gadaikan tidak pernah ditembus kembali”
PERSEMBAHAN


Laporan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) ini saya persembahkan kepada:
1.      Orang tua dan keluarga yang telah membiayai, mendukung dan memberikan semangat sampai selesainya pelaksanaan Prakerin.
2.      Pembimbing dan semua karyawan di bagian Sistem Informasi, Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi Universitas Jember yang memberikan tambahan  pelajaran pengetahuan dan pengalaman kerja.
3.      SMK PGRI 3 Tanggul yang membantu, mendukung dan membina saya untuk meraih masa depan yg lebih baik.
4.      Teman-teman seperjuangan yang saya sayangi dan saya banggakan.
5.      Untuk teman-teman baru yang saya sangat sayangi.
6.      Adik-adik kelas semuanya yang akan melaksanakan kegiatan Prakerin untuk program kegiatan periode selanjutnya.
Semoga apa yang telah saya kerjakan di Universitas Jember khususnya Kantor Pusat Universitas Jember bagian Sistem Informasi ini dapat berguna bagi saya, keluarga, teman-teman semua dan khususnya di Bagian Sistem Informasi.

















KATA PENGANTAR

Dengan mengucapkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga saya dapat menyelesaikan laporan hasil pelaksanaan praktek kerja industri (PRAKERIN).
Penyusunan laporan ini membuktikan bahwa saya (penulis) telah melaksanakan serta menyelesaikan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di KANTOR UNIVERSITAS JEMBER.
Laporan ini dapat saya buat dan saya selesaikan dengan adanya bantuan dari berbagai pihak, oleh karena itu saya mengucapkan beribu-ribu terima kasih kepada :
  1. Bpk JOJON SURJONO, S.Pd, M.Pd., selaku kepala sekolah SMK PGRI 03 Tanggul, yang telah memberikan saya kemudahan dalam pelaksanaan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).
  2. Guru pembimbing kami,
  3. Amaril Iswardhany, SH., selaku Kabag. Sistem Informasi.
  4. Dra. Siti Watoniah., selaku pembimbing yang telah membimbing di tempat Prakerin.
  5. Bapak dan Ibu Guru SMK PGRI 03 Tanggul.
  6. Orangtua, yang telah memberikan motivasi dan dorongan kepada saya.
  7. Semua pihak yang turut membantu dalam pelaksanaan Prakerin.

Saya (penulis) menyadari bahwa laporan prakerin ini masih jauh dari sempurna.Untuk itu saya sangat berharap adanya saran, masukan maupun kritikan yang membangun guna menyempurnakan laporan ini.
Semoga segala bentuk upaya yang telah dilaksanakan dalam rangka meningkatkan kualitas kelulusan dapat membuahkan hasil sesuai dengan yang diharapkan dan semoga laporan yang sederhana ini dapat memberi manfaat kepada kita semua.


Jember. April 2012


Penulis


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL...........................................................    i
LEMBAR PENGESAHAN................................................    ii
MOTTO............................................................................... iii
PERSEMBAHAN...............................................................   iv
KATA PENGANTAR........................................................    v
DAFTAR ISI.......................................................................   vi

BAB I         PENDAHULUAN
                        1.1 Latar Belakang........................................................           1
                        1.2 Permasalahan...........................................................          2

BAB II        PROFIL INDUSTRI
                        2.1 Sejarah Singkat.........................................................         3
                              2.1.1. Visi dan Misi..................................................          4
                              2.1.2. Tujuan............................................................          5
                              2.1.3. Motto.............................................................          5         
                        2.2 Struktur Organisasi...................................................          7

BAB III      PEMBAHASAN
                   3.1 Mengenal Microsoft Excel......................................            8
                        3.2 Definisi....................................................................           8
                        3.3 Manfaat....................................................................          8
                        3.4 Cara Kerja................................................................         9         

BAB V        PENUTUP
4.1  Kesimpulan................................................................        27       
4.2  Saran..........................................................................       27
4.3  Penutup......................................................................        27       
LAMPIRAN
          1.JURNAL KEGIATAN
            2.FORM. BIMBINGAN



BAB I
PENDAHULUAN

1.1     LATAR BELAKANG
Perlu kita sadari bahwa sampai pada saat ini lulusan SMK belum dapat diserap langsung oleh pihak dunia usaha maupun industri. Secara kasat mata terbukti hampir setiap dunia usaha/ industri ketika merekrut tenaga kerja lulusan SMK masih menerapkan Pendidikan dan Pelatihan bagi yang telah lulus seleksi penerimaan karyawan rata-rata 3 (tiga) bulan. Hal ini menunjukan bahwa keterampilan yang dimiliki lulusan SMK belum diakui oleh pihak dunia usaha/ industri.
Jika kita kaji secara seksama, kita tidak dapat menyalahkan pihak dunia usaha/ industri. Memang pada kenyataannya masih banyak SMK yang sangat minim peralatan praktek. Sehingga peserta diklat yang harusnya porsi pembelajaran praktek idealnya 70% hanya dapat dilaksanakan 30% saja. Bahkan ada beberapa SMK yang tidak memiliki sama sekali peralatan praktek, dalam pelaksanaan peserta diklat hanya dapat berangan-angan dengan teori saja tidak dengan peralatan kenyataan yang sebenarnya.
Sistem Ganda adalah suatu bentuk penyelenggaraan penddidkan keahlian kejuruan, yang memadukan secara sistematik dan sinkron programg pendidikan di sekolah dan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan bekerja langsung pada bidang pekerjaan yang relevan, terarah dan mencapai kemampuan keahlian tertentu.
Dalam pengertian tersebut tersirat, bahwa ada dua pihak yaitu lembaga pendidikan dan lapangan kerja (industri/ perusahaan atau instansi tertentu) yang secara bersama-sama menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan. Dengan demikian kedua belah pihak seharusnya terlibat dan bertangguang jawab mulai dari tahap perencanaan program, tahap penyelenggaraan, sampai pada tahap penilaian dan penentuan kelulusan peserta diklat, serta pemasarannya.


1.2      PERMASALAHAN
Adapun beberapa permasalahan yang dihadapi adalah:
    1. Ruangan yang saya tempati tidak sesuai dengan jurusan yanga saya ambil yaitu Teknik Komputer dan Jaringan.
    2. Di bagian Sistem Informasi ini hanya satu yang PRAKERIN sehingga kadang saya merasa pekerjaan yang saya kerjakan terlalu banyak.
    3. letak Foto Copy yang lumayan jauh dari Bagian Sistem Informasi
    4. Kantor Pusat Universitas Jember ini terlalu luas, sehingga ketika mengantarkan surat atau dokumen saya terkadang mengalami kesulitan untuk mencari tempat yang akan dikunjungi.

























BAB II
PROFIL INDUSTRI

2.1 Sejarah Universitas Jember (UNEJ)
Universitas Jember (UNEJ) adalah sebuah perguruan tinggi negeri yang terletak di kota Jember, sebuah kota berhawa tropis di bagian tenggara Propinsi Jawa Timur. Kampus UNEJ berada di kawasan hijau yang ramah lingkungan sehingga memberikan ketenangan dalam melaksanakan kegiatan akademik. Kota Jember sendiri berada diantara Kawah Ijen dan Gunung Bromo serta dikelilingi perkebunan yang sebagian besar ditanami tembakau, kopi, coklat dan tebu.
Terdapat dua mayoritas penduduk yang tinggal di Jember, yaitu komunitas Jawa dan Madura yang masing-masing mempunyai keunikan budaya. Dua karakteristik etnik dan budaya yang dipadu dengan kawasan perkebunan tersebut membentuk kombinasi yang indah dari sisi pemandangan alam dan warisan budaya. Di tempat inilah UNEJ terus maju dan berkembang.
o        SEJARAH
http://www2.uj.ac.id/images/stories/about/sejarah.jpgCikal bakal Universitas Jember berasal dari gagasan dr. R. Achmad bersama-sama dengan R. Th. Soengedi dan R. M. Soerachman yang bercita-cita mendirikan perguruan tinggi di Jember. Untuk mewujudkan cita-cita tersebut pada tanggal 1 April 1957, ketiganya membentuk panitia yang diberi nama Panitia Triumviraat dengan komposisi Ketua dr. R. Achmad; Penulis R. Th. Soengedi, dan Bendahara R. M. Soerachman.
Selanjutnya Panitia Triumviraat ini pada tanggal 5 Oktober 1957 membentuk yayasan dengan nama Yayasan Universitas Tawang Alun (disahkan dengan Akta Notaris tanggal 8 Maret 1958 Nomor 13 di Jember). Yayasan Universitas Tawang Alun inilah yang kemudian mendirikan universitas swasta di Jember dengan nama Universitas Tawang Alun yang kemudian disingkat UNITA. Dalam perjalanannya, ketiga tokoh tersebut mendapatkan dukungan penuh Bupati Jember saat itu, R. Soedjarwo.
Berdasarkan Surat Keputusan Menteri PTIP No. 151 Tahun 1964 tanggal 9 Nopember 1964, tentang didirikannya Universitas Negeri di Jember. Usaha tanpa kenal lelah sejak tahun 1957 itu akhirnya berhasil menjadi kenyataan, Universitas Negeri Djember berdiri !
Pada awal berdirinya pada tahun 1964, Universitas Negeri Djember yang disingkat UNED, memiliki lima fakultas, terdiri dari Fakultas Hukum di Jember, dengan cabangnya di Banyuwangi, Fakultas Sosial dan Politik dan Fakultas Pertanian di Jember, Fakultas Ekonomi dan Fakultas Sastra di Banyuwangi. Dengan rektor pertama dijabat oleh dr. R. Achmad.
Kepemimpinan dr. R. Achmad dilanjutkan oleh Letkol Soedi Harjohoedojo (1967-1969), Letkol Soetardjo, SH (1969-1978) dan Kolonel Drs. H.R. Warsito (1978-1986). Baru semenjak tahun 1986, rektor Universitas Jember dijabat oleh sivitas akademika-nya sendiri, yakni oleh Prof. Dr. Simanhadi Widyaprakosa (1986-1995), Prof. Dr. Kabul Santoso, M.S. (1995-2003), Dr. Ir. T. Sutikto, M.Sc. (2003-2012), dan Moch. Hasan, M. Sc., Ph.D sampai kini.
2.1.1. Visi dan Misi
o        Visi
Visi UNEJ adalah menjadi lembaga pendidikan tinggi yang berkualitas, berwawasan lingkungan, dan berkemampuan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni (IPTEKS) bagi kepentingan kemanusiaan, terutama ke arah berkembangnya agroindustri.
o        Misi
1. Meningkatkan kualitas tridarma perguruan tinggi dan sistem manajemen;
2. Meningkatkan peran serta dalam pelestarian lingkungan;
3. Mengembangkan IPTEKS untuk kesejahteraan masyarakat;
4. Membina dan mengembangkan jaringan kerjasama berdasarkan asas kesetaraan.

2.1.2. Tujuan
1. Meningkatkan kualitas produk tri darma perguruan tinggi;
2. Mengembangkan dan mengimplementasikan hasil-hasil penelitian;
3. Membina dan mengembangkan kehidupan masyarakat akademik;
4. Meningkatkan perilaku kerja dan profesionalisme;
5. Meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen kelembagaan;
6. Memperluas jaringan kerjasama berdasarkan asas kesetaraan.
2.1.3. Motto
Dalam rangka memberikan arah dalam meningkatkan kualitas masukan, proses, dan keluaran secara berkelanjutan, UNEJ telah merumuskan kebijakan mutu akademik. Intisari dari kebijakan mutu akademik tersebut adalah UNEJ akan selalu mengutamakan kualitas (quality first).
Fakultas
Sampai dengan Tahun Akademik 2011/2012, Universitas Jember mempunyai 13 Fakultas dan 2 Program Studi setara Fakultas yang terdiri dari 11 Program Studi jenjang Diploma, 40 Program Studi jenjang S-1, dan 8 Program Studi jenjang S-2, dan 1 Program Studi jenjang S-3 yaitu:
  • Fakultas Sastra
  • Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Fakultas Hukum
  • Fakultas Ekonomi
  • Fakultas Pertanian
  • Fakultas Kedokteran Gigi
  • Fakultas Teknologi Pertanian
  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Fakultas Teknik
  • Fakultas Kedokteran
  • Fakultas Kesehatan Masyarakat
  • Fakultas Farmasi
  • PS. Ilmu Keperawatan
  • PS. Sistem Informasi
  • Program Pasca Sarjana
Masing-masing Fakultas dan Program Studi setara Fakultas memiliki identitas berupa visi, misi, tujuan, dan kompetensi lulusan sesuai dengan kebutuhan stakeholders.
Lembaga
1. Lembaga Penelitian (LEMLIT)
Lemlit merupakan unsur pelaksana akademik yang melaksanakan sebagian tugas pokok dan fungsi universitas di bidang penelitian yang berada di bawah rektor.
2. Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat (LPM)
Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat merupakan unsur pelaksana akademik yang melaksanakan tugas pokok di bidang pengabdian kepada masyarakat yang berada di bawah rektor. Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat mempunyai tugas menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dan ikut mengusahakan serta mengendalikan sumber daya yang diperlukan.
3. Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan (LP3)
Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Pendidikan merupakan unsur pelaksana yang mengembangkan, mengkoordinasi, memantau, dan menilai pelaksanaan kegiatan pendidikan yang diselenggarakan oleh pusat-pusat pendidikan dan ikut mengusahakan serta mengendalikan administrasi sumber daya yang diperlukan.




2.2 Struktur Organisasi






















BAB III
PEMBAHASAN
3.1       Mengenal Microsoft Excel
Dalam melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) di jumpai beberapa masalah dalam melaksanakan tugas. Sebagai siswa prakerin harus selalu meminta bimbingan kepada Instruktur DU/DI yang bersangkutan atau sedang bertugas ditempat kerja tersebut serta meminta pengarahan bagaimana seharusnya siswa melakukan tugas dan tanggung jawab dapat dikerjakan dengan baik.

Instruktur DU/DI senantiasa memberikan pengarahan dengan tujuan agar mempunyai pengalaman kerja praktis disuatu Instansi dan mengetahui bagaimana seharusnya siswa melakukan tugas dan tanggung jawab dapat dikerjakan dengan baik.

Microsoft excel merupakan program untuk mengolah data berupa angka atau untuk menghitung. Program ini bisa digunakan untuk menghitung angka, membuat laporan, diagram, grafik, dan sebagainya.

3.2       Definisi Microsoft Excel
Microsoft Excel adalah bagian dari MS Office yang merupakan salah satu program spreadsheet canggih yang bekerja di bawah sistem operasi Windows. Banyak kemudahan yang dapat diperoleh selama menggunakan Microsoft Excel, seperti bekerja dengan daftar data, menghitung angka-angka, membuat laporan, diagram, grafik, dan sebagainya.

3.3       Manfaat
a. Agar siswa mampu mengembangkan pelajaran yang didapat dari sekolah,
    untuk dipraktekan langsung dalam kegiatan di instansi mereka dalam
    melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN).
b. Menyiapkan tenaga kerja tingkat menengah yang terampil, produktif,
    mandiri dan memiliki kompotitif.
c. Untuk meningkatkan keterampilan dan ketekunan yang mereka miliki.
d. Untuk melatih siswa agar bersikap disiplin, tekun dan bertanggung jawab
    terhadap pekerjaannya.
e. Melatih mental siswa dalam menghadapi masyarakat umum.
f. Memiliki kreativitas dan Kinerja yang baik dalam instansi.
3.4       Cara Kerja Menggunakan Microsoft Excel
o        Masuk dan Keluar dari MS Excel
Masuk MS Excel
Untuk memulai Microsoft Excel, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan :
1. Jalankan MS Windows.
2. Setelah masuk ke Windows, klik tombol Start.
3. Pilih Programs dari menu utama yang tampil
4. Klik Microsoft Excel. Lihat Gambar 1.

Keluar MS Excel
Untuk keluar dari Excel juga ada beberapa cara, di antaranya adalah melalui menu File dari halaman aplikasi Excel :
1. Klik File.
2. Klik Exit atau tekan tombol x. Lihat Gambar 2.

Gambar 2 – Program aplikasi MS Excel
o        Membuat/Mengedit Worksheet dan Workbook
Setiap kali Anda menjalankan Microsoft Excel, sebuah workbook kosong dengan nama Book 1 akan dibuka dan siap untuk digunakan. Jika Anda membuka workbook baru yang kedua, nama Book2 akan tampil, dan seterusnya. Dalam Microsoft Excel, workbook merupakan file yang dapat digunakan untuk bekerja dan menampung data Anda, karena setiap workbook dapat mengandung beberapa worksheet dan Anda dapat mengorganisasikan berbagai jenis informasi yang terelasi dalam sebuah file tunggal.
Gambar 3- Workbook dan Worksheet
Keterangan gambar :
- Halaman worksheet terdiri atas kolom (diberi label sesuai abjad) dan baris (diberi label sesuai angka penomoran). Irisan antara kolom dan baris disebut sel (cell). Sel dapat berisi angka, huruf, rumus atau kombinasi dari ketiganya.
- Pointer sel adalah kotak yang menunjukkan sel yang Anda kerjakan saat ini.
- Title bar merepresentasikan nama MS Excel file yang sedang dikerjakan.
- Menu bar meliputi tools yang dapat dipergunakan untuk bekerja. Untuk memilih menu, klik pada ikon menu tersebut.
- Name box menunjukkan alamat dari sel yang aktif (sel yang sedang dikerjakan).
- Rumus(Formula) menunjukkan rumus yang dipergunakan untuk sel yang sedang aktif. Anda dapat mengedit rumus yang telah digunakan pada tempat ini.
- Toolbars mengandung tombol-tombol. Toolbar standar berada di bagian kiri dan mengandung tombol-tombol yang umum dipakai dalam operasi MS Excel. Formatting toolbar berada di sebelah kanan Toolbar standar, mengandung tombol-tombol yang digunakan untuk memformat worksheet. Setiap tombol diberi simbol yang mirip dengan kegunaannya.
- Sheet tabs menunjukkan worksheet yang saat ini dioperasikan. Di dalam satu halaman workbook, terdapat beberapa worksheet. Tombol navigasi sheet akan membantu Anda berpindah dari satu sheet ke sheet lain.
- Status bar adalah menunjukkan status aktif dari Num Lock dan Caps Lock.
- Office assistant berfungsi untuk memberi penjelasan bila Anda tidak mengetahui menu atau cara kerja MS Excel (Help).
Dalam merencanakan dan mendesain sebuah worksheet, terdapat beberapa hal penting :
- Tentukan fungsi worksheet, sehingga dapat disesuaikan dengan penamaan file
- Tentukan output dari worksheet tersebut.
- Kumpulkam informasi, data yang akan menjadikan input file.
- Tentukan rumus yang digunakan (bila ada) untuk perhitungan.
- Buat worksheet sesuai desain Anda.
Langkah-langkahnya :
1. Pilih sel yang tempat karakter akan diletakkan. Misalnya pilih sel B1 (pindahkan pointer aktif sel ke sel B1), lalu ketikkan di sel B1 tersebut “Summer 2001 MediaLoft Author Events Forecast”.
2. Tekan tombol Enter, atau Tab untuk pindah ke sel yang lain.
3. Tekan tombol ®, ¬, ↑, atau ↓ untuk pindah dari satu sel ke sel yang lain.

Beberapa tombol keyboard yang sering digunakan untuk membuat worksheet di Excel :
§         Backspace : Menghapus karakter di kiri kursor (dalam satu sel).
§         Delete        : Menghapus kursor di kanan kursor (dalam satu sel).
§         Enter          : Ganti sel (pindah baris).
§         End            : Memindahkan kursor ke belakang karakter terakhir dari sel tempat
   kursor tersebut tadi berada.
§         ®    : Memindahkan kursor 1 karakter ke kanan.
§         ¬                  : Memindahkan kursor 1 karakter ke kiri.
§         ↑                : Memindahkan kursor 1 baris ke atas.
§         ↓                : Memindahkan kursor 1 baris ke bawah.
§         PgUp         : Memindahkan kursor 1 layar ke atas.
§         PgDn          : Memindahkan kursor 1 layar ke bawah.
§         Tab            : Memindahkan pointer sel aktif ke sel di sebelah kanannya (pindah
  satu kolom)

Untuk mengedit dapat dilakukan melalui langkah-langkah seperti berikut :
1. Mulai program Excel, lalu buka file yang akan di edit.
2. Misalkan pada Gambar 3 di atas, akan diubah sel D5 yang merupakan kejadian di Seattle pada bulan Agustus yang semula berbilai 6 menjadi bernilai 11. Mula-mula klik sel D5, kemudian langsung ketik nilai baru yang diinginkan.
3. Pindahkan pointer sel aktif ke sel yang lain dari worksheet tersebut.

o        Open, Create, Save, Close
Open File
Anda dapat memodifikasi pekerjaan yang telah ada sebelumnya. Untuk itu Anda perlu membuka kembali file tersebut. Untuk membuka file Excel yang telah ada sebelumnya, lakukan langkah-langkah berikut ini :
1. Masuk halaman ke workbook Microsoft Excel.
2. Masukkan disket yang didalamnya terdapat file yang akan Anda buka. Bila file Anda tersebut telah berada di Harddisk, langsung ke langkah ke-3.
3. Klik tombol Open pada toolbar standar. Atau klik menu File, lalu cari menu Open, kemudian klik di menu Open tersebut. Setelah tombol Open diklik, muncul kotak dialog seperti pada Gambar 5.
4. Dalam kotak dialog tersebut, pilih drive tempat Anda menyimpan file tersebut. Setelah File Anda temukan, klik tombol Open yang ada dalam kotak dialog tersebut.
5. Muncul File yang ingin Anda modifikasi.











Create File
Untuk mulai membuat file :
1. Dari halaman MS Excel yang telah ada, Klik File.
2. Klik New, akan muncul dialog box seperti gambar 6.
3. Pada tab General klik Workbook.
4. Klik OK.

Save File
Untuk menyimpan File, lakukan langkah berikut :
1. Klik File.
2. Klik Save As, akan muncul dialog box seperti gambar 7.
3. Klik kotak Dialog, kemudian klik drive/tempat di mana file tersebut akan disimpan, kemudian akan muncul daftar file dan directory pada kotak yang di bawahnya.
4. Klik directory yang sesuai hingga ditemukan tempat di mana file tersebut akan disimpan.
5. Ketikkan nama file pada File Name, kemudian klik Save.
atau
Ketikkan lokasi lengkap beserta nama file dari file yang disimpan pada kotak File Name, kemudian klik Save.

Jika file sudah pernah disimpan sebelumnya, penyimpanan selanjutnya dapat dilakukan dengan :
1. Klik File.
2. Klik Save.
Close File
Untuk menutup file dapat dilakukan dengan :
1. Klik menu File
2. Kemudian klik Close.
atau
1. Klik close pada Standar button.

o        Formatting
Untuk memformat, umumnya Anda harus memblok sel terlebih dahulu. Langkah yang perlu Anda lakukan untuk memblok sel adalah :
1. Pilih sel yang ingin Anda blok
2. Mulai dari sel yang hendak Anda blok, klik terus (jangan dilepas) sampai sel terakhir yang hendak diblok.Lihat gambar 8.
Cells
Kadang-kadang Anda perlu mengubah ukuran sel sehingga sesuai dengan teks yang terdapat dalam sel tersebut, atau mengatur sehingga karakter dalam sel menunjukkan waktu. Maka langkah yang perlu Anda lakukan :
1. Tekan tombol Format.
2. Klik tombol Cells.
Selanjutnya akan muncul kotak dialog seperti berikut ini :
Gambar 9- Kotak Dialog Format Cells
Misalkan Anda ingin mengisi semua isi sel sebagai data waktu, maka yang perlu Anda lakukan :
1. Dalam kotak dialog, pilih tombol Number.
2. Pada daftar Category, pilih Time
3. Pada daftar Type, pilih tipe penulisan waktu yang Anda inginkan.
4. Klik tombol OK.
Border
Misalkan Anda ingin memperlihatkan garis pembatas antar sel, maka yang perlu Anda lakukan untuk mengedit garis-garis yang membatasi sel adalah :
1. Blok Sel-sel yang ingin Anda beri garis pembatas sel
2. Pilih Menu Format
3. Klik Cells
4. Pada bagian Jenis Format yang Dapat Digunakan, pilih Border.
5. Kotak Dialog akan berubah menjadi :
 












Cara lainnya :
1. Pilih sel/tempat yang ingin Anda format (diblok)
2. Pilih tombol Borders pada halaman utama aplikasi Excel
3. Pilih bentuk sel yang Anda inginkan dengan cara memilih gambar yang sesuai
4. Untuk menghilangkan blok, klik sel yang tadi di blok
Alignment
Untuk memformat teks yang terdapat dalam suatu sel, sehingga karakter dalam sel tersebut terlihat sebagai :
§         karakter yang dimulai dari sisi kiri sel
§         karakter yang dimulai dari sisi kanan sel
§         karakter yang berada di sisi atas sel
§         karakter yang berada di sisi bawah sel
§         karakter yang posisinya ada di tengah sel

Langkah yang perlu Anda lakukan adalah :
1. Blok Sel-sel yang ingin Anda atur posisi teksnya
2. Pilih Menu Format
3. Klik Cells
4. Pada bagian Jenis Format yang Dapat Digunakan, pilih Alignment.
5. Kotak Dialog akan berubah menjadi :

Font
Tulisan dalam suatu sel dapat diatur dengan cara :
1. Blok sel-sel yang akan diatur bentuk tulisannya
2. Pilih Menu Format pada menu bar
3. Klik Cells
4. Pilih Font
5. Akan muncul kotak dialog seperti Gambar 13.
Untuk menyisipkan baris atau kolom, dapat dilakukan dengan cara:
1. Tempatkan pointer sel aktif pada sel/kolom/baris yang hendak dihapus atau disisipkan
2. Pilih menu Insert
3. Tentukan pilihan Insert yang diinginkan (Insert baris, kolom, sel)
4. Pilih Insert cell, muncul kotak dialog berikut :






Untuk menghapus baris atau kolom, langkahnya :
1. Tempatkan pointer sel aktif pada sel/kolom/baris yang hendak dihapus atau disisipkan
2. Pilih menu Edit
3. Klik Delete. Muncul kotak dialog seperti berikut :
o        Inserting picture
Menyisipkan gambar dalam file, dapat dilakukan dengan cara :
1. Pilih menu Insert
2. Klik Picture
3. Pilih tipe gambar yang ingin disisipkan (misal Clip Art)
4. Klik Clip Art
5. Pilih Clip Art yang sesuai
6. Muncul gambar yang telah disisipkan.
 
o        Formula
Dalam Excel, Anda dapat melakukan perhitungan terhadap data-data yang telah ada, dengan menggunakan rumus yang ditentukan. Misalnya perhitungan yang dilakukan terhadap File pada Gambar 4 dengan Formula kenaikan 20%.
Langkah yang dilakukan untuk perhitungan seperti Gamar 17 di atas adalah :
1. Klik sel tempat hasil perhitungan diletakkan
2. Ketik tanda = (sama dengan)
3. Ketikkan rumus yang digunakan (mis. b3 + b4 + b5 + b6 atau 1.2 * B8)
4. Enter

Untuk perhitungan yang menggunakan rumus yang sama (pernah digunakan sebelumnya), dapat dilakukan dengan perintah Copy, caranya :
1. Klik sel yang telah dilakukan perhitungan dengan memakai formula
2. Klik menu Edit, lalu klik Copy
3. Kemudian pindahkan pointer aktif sel ke tempat hasil akan diletakkan.
4. Klik menu Edit, lalu klik Paste








Di bawah ini terdapat beberapa operator yang sering digunakan :
Operator
Fungsi
Contoh
+
Penjumlahan
=A5+A7
-
Pengurangan/Negasi
=A5-10
*
Perkalian
=A5*A7
/
Pembagian
=A5/A7
%
Persen
=35%
^ (pangkat)
Pangkat
=6^2 (sama dengan 6*6)
Sum(argument)
Menghitung total jumlah
=sum(B2:B4)
Average(argument)
Menghitung rata-rata
=average(B3:B5)
Max(argument)
Display nilai maksimum
=max(B1:B4)
Min(argument)
Display nilai minimum
=min(B5:B9)
Count(argument)
Jumlah banyaknya elemen
=count(B1:B4)

o        Mengatur halaman dan Mencetak
Setelah Anda bekerja dengan dan menyimpan hasil pekerjaan Anda, mungkin Anda perlu untuk mencetaknya sebagai sebuah dokumen. Sebelum Anda mencetak, preview dahulu file Anda (untuk mengatur halaman) sehingga dapat diperoleh hasil maksimal.
Langkah yang diperlukan :
1. Pada halaman aplikasi yang hendak dicetak, klik menu File, lalu klik menu Print Preview. Atau Anda bisa langsung dengan cara memilih tombol Print Preview pada toolbar.
2. Klik Setup pada halaman Print Preview untuk mengatur ukuran halaman file  (Gambar 23).
Bila setelah di Print Preview file Anda telah siap untuk dicetak, maka lakukan langkah berikut untuk mendapatkan dokumen tercetak :
1. Pada menu file, klik Print. Muncul kotak dialog seperti berikut :
2. Tentukan kriteria yang Anda inginkan untuk dicetak sesuai pada kotak dialog pada  
    gambar 24.
3. Klik OK















BAB IV
PENUTUP
A.KESIMPULAN
    Kegiatan Praktek Kerja Industri ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi para siswa dan siswi khususnya siswa-siswi SMK, karena dengan adanya kegiatan ini siswa-siswi mendapatkan pengalaman kerja secara langsung didunia kerja.Sehingga siswa-siswi PRAKERIN dapat mengaplikasikan ilmu yang diperoleh disekolah untuk memperaktekan secara langsung di Instansi/DU-DI,siswa-siswi tidak merasa canggung untuk menghadapi dunia kerja.
B.SARAN
    Saran bagi Sekolah
·        Pembimbing harus lebih sering lagi mengecek/melihat langsung bagaimana keadaan siswa – siswi ditempat Prakerin
·        Pembimbing hendaknya mengetahui secara jelas kendala siswa                                                              melaksanakan PRAKERIN
·        Pembimbing seharusnya sesering mungkin mencari informasimengenai siswa – siswinya melalui media telepon jika tidak sempat datang ketempat kerja.
C.PENUTUP
Segala puji bagi Allah penulis bisa menyelesaikan laporan kegiatan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) dengan kesabaran dan kebahagiaan. Semoga dengan hasil laporan ini bisa memberilan suatu pelajaran. Dalam penyusunan laporan ini, penulis menyadari masih banyak kesalahan dan kekurangan. Maka dari itu saran dan kritik yang membangun dari pembaca merupakan modal utama kami untuk meraih tangga kesuksesan
Akhirnya tiada kata yang paling indah kecuali puji syukur alhamdulillah.



DAFTAR PUSTAKA        





1 komentar:

  1. sbagai siswi yang sedang melaksanakan Prakerin, data ini sangat membantu saya untuk membuat laporan ini. Terimakasih :)

    BalasHapus